ISTILAH-ISTILAH DALAM JARINGAN KOMPUTER

Author: Zunavia Blog /

TCP/ IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol)adalah dasar intrnrt dan dapat ditemukan pad asistem operasi modern, seperti Unix dan Windows. Selain itu TCP/IP adalah dua buah protocol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan.
IP => Digunakan untuk memindah paket data antar simpul.
TCP
=> Digunakan untuk memverivikasi pengiriman dari klient server.


IPX / SPX
IPX (Internet Packet Exchange) => adalah protokol lapis komunikasi Lan Netware (Lapis 3 pada model OSI) yang digunakan untuk memindahkan data antara server dan program workstasion pada berbagai simpul jaringan.
SPX (sequenced Packex Exchange) => adalh protokol lapis transfertasi (Lapis 4 pada model OSI) yang digunakan pada jaringan Novrll Netware. Lapis SPX berada diatas layer IPX (Lapis 3) dan menyediakan layanan berarah koneksi antara ua simpul pada jaringan SPX utamanya digunakan pada aplikasi klient server.
* Jika protokol IPX serupa dengan IP pada koneksi Internet, maka SPX serupa dengan TCP. IPX/ SPX menyediakan layanan berarah koneksi yang serupa dengan yang diberikan oleh TCP/IP.




CDMA (Code Devision Multiple Acces)
adalah teknik modulasi spektrum tersebar ( Spreed Spektrum) digital yang digunakan pada piranti komunikasi personal seperti telepon genggm. Teknik CDMA mengubah data pembicaraan menjadi bentuk digital dan menambahkan padanya kode frekuansi khusus.




GPRS (General Packet Radio Service)
adalah standard komunikasi nirkabel yang bekerja pad akecepatan 150 kilobit.GPRS yang mendukung berbagai bandwith ini, adalah yang efisien untuk memenfaatkan bandwith yang terbatas, khususnya yang mengirim dan menerima data yang banyak, seperti e-mail dan sewaktu melakukan browsing web.




GSM (Gllobal System for Mobile Communications)
adalah standard yang digunakan untuk komunikasi seluler yang banyak digunakan di Asia dan Eropa. GSM pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dan sekarang layanan GSM tersedia dilebih 100 negara di dunia. GSM menggunakan Narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan telepon secara simultan pada frekuensi radio yang sama.




EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)
adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efesiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.
EDGE adalah sebuah cara untuk meningkatkan kecepatan data pada pranala radio GSM. Dengan menggunakan teknik modulasi dan skema pengkodean yang berbeda dengan sistem GPRS sebelumnya, serta dengan melakukan pengaturan pada pranala protokol radionya, EDGE menawarkan kapasitas yang secara signifikan jauh lebih besar dari yang dimiliki oleh system GPRS

*EDGE me,punyai kecepatan data sebesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS. Hal ini dimungkinkan karena pada EDGE digunakan teknik modulasi (EDGE menggunakan 8PSK, GPRS menggunakan GMSK) dan metode toleransi kesalahan yang berbeda dengan GPRS, dan juga mekanisme adaptasi pranala yang diperbaiki. EDGE juga menggunakan coding scheme yang berbeda dengan GPRS. Dalam EDGE dikenal 9 macam skema pengkodean, sedangkan di GPRS hanya ada 4 skema pengkodean.



Wideband Code-Division Multiple Access (Wideband-CDMA atau W-CDMA)
merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja.
Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps.
Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.




High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)
adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G.

HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s. Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).

HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam

Kelebihan HSDPA adalah mengurangi tertundanya pengunduhan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain HSDPA, meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.



*) Istilah-istilah lain dalam dunia jaringan komputer:
  1. Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan.
  2. Application Service Provider (ASP) adalah suatu bisnis yang menyediakan layanan berbasis komputer untuk pelanggan melalui suatu jaringan.
  3. Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA.
  4. Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputerkomputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
  5. IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server.
  6. Windows socket API disingkat Winsock merupakan sebuah mekanisme interprocess communication (IPC) yang menyediakan sarana komunikasi dua arah berorientasi koneksi (connection-oriented) atau komunikasi tanpa koneksi (connectionless) antara proses-proses di dalam dua komputer di dalam sebuah jaringan.
  7. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokolsurat elektronik di Internet.
  8. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW).
  9. TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
  10. Backbone adalah saluran utama (tulang punggung) penghubung antar network pada suatu daerah/area yang jaraknya saling berjauhan.
  11. Bookmark adalah suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di internet.
  12. Server adalah sebuah komputer yang mengatur jalannya lalu lintas komunikasi antar komputer atau network.
  13. Repeater adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain.
  14. Host adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.
  15. Hub adalah perangkat penghubung komputer-komputer dalam jaringan (LAN)kepada server, terutama pada jaringan dengan bentuk STAR.
  16. Network adapter adalah suatu alat yang terpasang pada komputer baik server maupun workstation sehingga memungkinkan keduanya untuk saling berkomunikasi pada suatu jaringan.
  17. Network adalah sekumpulan dari komputer-komputer yang saling terkoneksi dan dapat berinteraksi/berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
  18. Newsgroup adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan sebagai forum diskusi di Internet.
  19. Collision adalah suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan.
  20. Database merupakan suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common access.
  21. Downlink adalah saluran untuk mengirim data keluar (ke suatu server di internet).
  22. Download adalah proses untuk mengambil file dari internet.
  23. DNS adalah suatu sistem untuk memetakan IP address dan nama host, dan untuk sarana bantu penyampaian email (email routing).
  24. Email merupakan cara berinteraksi para pengguna komputer dalam berkirim surat melalui Internet.
  25. Encryption adalah pengcakan atau penyandian data untuk keamanan data.
  26. End system adalah suatu device dalam sistem komunikasi yang berfungsi sebagai sumber atau tujuan akhir suatu data.
  27. Finger adalah aplikasi yang menampilkan informasi tentang user tertentu atau semua user yang sedang login pada local system atau pada remote system.
  28. FTP atau File Transfer Protokol adalah suatu protokol internet yang digunakan untuk mentransfer file ke sebuah web server di internet sehingga file tersebut bisa diakses dari mana pun juga.
  29. Gif atau Graphics Interchange Format merupakan suatu format file untuk menyimpan data yang berupa gambar.
  30. IEEE atau ICMP atau Institute of Electrical and Electronic Engineers adalah institut yang membuat standarisasi jaringan untuk pengkabelan, topologi fisik dan skema pengaksesan.
  31. IP atau Internet Protocol adalah protokol di internet yang mengurusi masalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga ia sampati ke alamat yang benar.
  32. Modem atau modulator demodulator adalah suatu alat yang bekerja mengubah sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan sebaliknya.
  33. Query adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.
  34. Telnet adalah protokol yang digunakan untuk melakukan remote access.
  35. UDP atau User Datagram Protocol adalah suatu protokol pada lapisan Transport yang menyediakan layanan pengantaran datagram connectionless dengan usaha yang terbaik.
  36. UPS singkatan dari Uninterruptable Power System , adalah perangkat yang merupakan back up catu daya bagi jaringan komputer agar dapat terus bekerja saat sumber daya dari PLN padam.
  37. Virus adalah suatu program yang dapat menggandakan dirinya sendiri pada suatu sistem komputer. Virus ini biasanya mempunyai aksi yang merusak dan cenderung merugikan pengguna komputer.
  38. VRML atau Virtual Reality Modeling Language adalah sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar obyek 3D melalui world wide web.
  39. WAIS atau Wide Area Information Servers adalah suatu layanan terdistribusi yang menawarkan masukan bahasa alami sederhana, pencarian berindeks untuk perbaikan secara cepat serta suatu mekanisme “timbal balik yang relevan” dimana hasil-hasil pencarian awal dapat mempengaruhi pencarian yang akan datang.
  40. Bandwidth adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antarkomputer pada jaringan atau internet.
  41. 10BaseT : Bagian dari standar asli IEEE 802.3, 10BaseT adalah spesifikasi Ethernet 10Mbps baseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair), kabel kategori 3, 4 atau 5, menggunakan satu pasang kabel untuk mengirimkandata dan satu pasang lainnya untuk menerima. 10BaseT mempunyai sebuah batas jarak sekitar 100 meter per segmen.
  42. 100BaseT : Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseT adalah spesifikasi Fast Ethernet untuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP. 100BaseT mengirimkan link pulses (yang berisi lebih banyak informasi dibandingkan dengan yang digunakan 10BaseT) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data.
  43. 100BaseTX : Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseTX adalah spesifikasi Fast Ethernet baseband 100Mbps yang menggunakan dua pasang kabel UTP atau STP. Kabel pasangan pertama menerima data; pasangan kedua mengirimkan data. Untuk memastikan waktu sinyal yang tepat, sebuah segmen 100BaseTX panjangnya tidak bisa melebihi 100 meter.
  44. access layer : Salah satu layer dari model hierarkis tiga-layer cisco. Layer ini menyediakan akses ke internetwork untuk pengguna.
  45. accsess link : Sebuah link yang digunakan dengan switch yang merupakan bagian dari hanya satu virtual LAN (VLAN). Trunk link membawa informasi dari beberapa VLAN.
  46. accsess list : Sebuah kumpulan dari kondisi-kondisi pengujian yang disimpan oleh router yang menentukan "lalu lintas yang menarik" ke dan dari router untuk berbagi layanan pada network.
  47. access method : Metode akses. Cara peralatan network untuk mendapatkan akses ke network-nya sendiri.
  48. accsess rate : Kecepatan akses. menentukan bandwidth dari rangkaian (circuit). Sebagai contoh, kecepatan akses rangkaian T1 adalah 1.544 Mbps. Pada Frame Realy dan teknologi lain, terdapat kemungkinan sebuah pecahan dari koneksi T1, contohnya 256 Kbps, walaupun demikian, kecepatan akses dan clock rate tepat 1.544 Mbps.
  49. active monitor : Mekanisme yang digunakan untuk mengelola sebuah network token ring. Titik (node) network dengan alamat MAC yang paling tinggi pada token ring menjadi active monitor dan bertanggung jawab untuk tugas-tugas manajemen seperti mencegah loop-loop dan memastikan token tidak hilang.
  50. active state : Status aktif. Berkenalan dengan sebuah tabel routing EIGRP, sebuah rute akan berada dalam status aktif ketika router mengalami route convergence (selesai melengkapi tabel routing-nya).
  51. address mapping : Pemetaan alamat. Dengan menerjemahkan alamat network dari satu format ke format lainnya, metodologi ini memungkinkan protokol-protokol yang berada beroperasi dan bisa saling dipertukarkan.
  52. address mask : Sebuah descriptor (keterangan) kombinasi bit yang mengidentifikasikan bagian mana dari sebuah alamat yang menunjukkan network atau subnet dan bagian mana yang menunjukkan host. Kadang-kadang hanya disebut mask.
  53. administrative distance (AD) : Sebuah angka di antara 0 dan 255 yang menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap sebuah sumber informasi routing. Semakin rendah angkanya, semakin tinggi tingkat kepercayaan.
  54. administrative weight : Sebuah nilai yang dipilih oleh seorang administrator network untuk menentukan tingkatan preferensi yang di berikan kepada sebuah jaringan network. Merupakan satu dari empat metrics link yang dipertukarkan oleh PTSP-PTSP untuk menguji ketersediaan resource network ATM.






0 komentar:

Posting Komentar